Kingsoft Office (WPS) 8 Made in china to linux Ubuntu - GPComp Gadget Mania

Kingsoft Office (WPS) 8 Made in china to linux Ubuntu

Kingsoft : Web Browser dan Office Suite adalah dua aplikasi yang paling sering digunakan pada setiap komputer. Untuk pengguna Linux tidak ada banyak kesulitan menemukan web browser Mozilla Firefox dan Google Chrome tersedia di semua distro Linux utama. Tapi situasi ini tidak baik untuk Office Suite yang digunakan sehari hari pada umummnya. Contohnya MS Office yang hanya memiliki versi untuk Windows dan Mac tapi sayangnya tidak untuk Linux.
OpenOffice dan LibreOffice adalah kantor utama alternatif suite tersedia untuk Linux. Beberapa tahun ke belakang, Open Office sedang kompatibilitas yang baik dengan MS Office versi 2003. Tapi hal-hal harus berubah dengan rilis MS Office 2007 oleh Microsoft. Itu datang dengan antarmuka Ribbon baru dan .docx / .xlsx / .pptx ekstensi yang tidak kompatibel dengan OpenOffice. Kemudian pada tahun 2010, Sun (sponsor utama OpenOffice) mendapat diakuisisi oleh Oracle dan pengembangan OpenOffice hampir dihentikan karena sebagian besar pengembang meninggalkan OpenOffice untuk mengembangkan LibreOffice.

Pengembang LibreOffice telah memperkenalkan banyak fitur baru sejak itu tapi dengan setiap rilis baru dari MS Office kompatibilitas mendapat berkurang. Sekarang MS Office 2013 dan 365 versi yang tersedia, tetapi file yang dibuat menggunakan aplikasi ini tidak kompatibel dengan LibreOffice 4, versi terbaru dari LibreOffice. Ketika Anda mencoba untuk membuka MS Office dibuat file dengan LibreOffice, format dokumen ini benar-benar kacau kecuali dokumen cukup mendasar. Bahkan aku lebih suka menggunakan Linux (Ubuntu), tetapi hanya karena MS Office Saya telah menginstal Windows 7 berdampingan yang saya butuhkan untuk bekerja dengan dokumen kompleks dan spreadsheet.





Untungnya, beberapa hari lalu saya menemukan salah satu Office Suite baru untuk Linux disebut Kingsoft Office. Sebenarnya menyebutnya baru tidak akan sesuai sebagai Kingsoft adalah salah satu perusahaan perangkat lunak tertua berbasis di Cina. Kingsoft telah mengembangkan pertama Pengolah Kata Sistem yang didasarkan pada DOS bahkan sebelum rilis pertama dari Microsoft Office. Sampai saat ini Kingsoft Office Suite aktif mengembangkan untuk Windows dan Android tetapi baru-baru mereka sudah mulai mengembangkan versi baru untuk Linux. Di Cina, Kingsoft Office dikenal dengan nama WPS Office.

Saya download Kingsoft Office pada laptop menggunakan sistem operasi Ubuntu,  dan menurut saya software ini cukup bagus. Ada tiga aplikasi dalam suite sebagai berikut -

  • Kingsoft Writer - MS alternatif Firman
  • Kingsoft Spreadsheet - MS Excel alternatif
  • Kingsoft Presentation - MS PowerPoint alternatif





Kingsoft Office sangat kompatibel dengan versi baru dari MS Office. Saya mencoba untuk membuka banyak. Docx dan. File xlsx di Kingsoft Office, dan saya dapat mengatakan kompatibilitas yaitu sekitar 96% bahkan untuk dokumen yang kompleks. Bagian terbaik bahwa user interface dari Kingsoft Office sangat mirip dengan MS Office termasuk antarmuka Ribbon. Bahkan, Anda bisa memikirkan Kingsoft Office hampir tiruan dari MS Office. Ini akan mengurangi kurva belajar bagi pengguna baru yang baru bermigrasi dari Windows ke Linux. Salah satu fitur yang lebih berguna adalah bahwa beberapa dokumen dapat dibuka dalam Tab sehingga tidak perlu beralih antara beberapa jendela.





Sampai sekarang Kingsoft Office untuk Linux dalam versi Alpha sehingga ada beberapa keterbatasan dan mungkin ada beberapa bug juga. Beberapa keterbatasan yang saya telah amati sejauh ini :


  • Tidak ada pilihan untuk menyimpan file dalam. Docx untuk Writer dan pptx Penyajian.,. Xlsx yang tersedia untuk Spreadsheet.
  • Tidak ada dukungan untuk membuka atau menyimpan file dalam format Open Document (odt ods /. Odp /..) Yang membuatnya kompatibel ke LibreOffice dan OpenOffice
  • Tidak ada pilihan untuk memasukkan Pivot Table dan Chart di Spreadsheet
  • Kita bisa berharap bahwa keterbatasan saat ini akan dibahas dalam versi berikutnya Kingsoft Office untuk Linux. Bahkan dengan keterbatasan ini, Kingsoft Office sangat banyak digunakan dan berguna bagi setiap pengguna Linux. Setidaknya, Anda dapat melihat file yang dibuat di MS Office dalam format hampir aslinya.
Cara install :
---------------
- Download terlebih dahulu dengan versi linux yang anda miliki, jika Ubuntu makanya basiknya debian .deb, jika fedora berextensikan .rpm maka packetnya dibuat dari redhat package manager.
- Selanjutnya jika anda sudah download, maka cobalah di installkan terlebih dahulu kingsoft office tersebut. Seperti contoh gambar ini :
-  Nah jika sudah selesai kita install Kingsoft office atau WPS-Office di Linux kesayangan kita ini. Ups! jangan terburu buru untuk menjalankan aplikasi ini, karena Kingsoft office WPS-Linux ini secara default masih menggunakan bahasa Cina dengan tulisan yang bagi saya tidak bisa mengerti artinya ^_^''. Untuk mengganti bahasa dan tulisan menjadi bahasa Inggris, silahkan masuk ke folder/directory /opt/kingsoft/wps-office/office6/2052 dengan perintah di terminal :

Contoh gambar untuk masuk kedalam folder kingsoft office atau WPS-OFFICE dengan menggunakan terminal.


- Ok jika anda sudah meilhat contoh cara masuk ke direktori atau folder kingsoft office (WPS), maka lanjutkan perintah berikut dengan menggunakan terminal anda.


- Selanjutnya kita akan menghapus sedikit file di dalam kingsoft office ini, agar bisa defaultnya menggunakan bahasa inggris, selanjutnya buka terminal anda kembali lalu masukkan perintah ini di terminal anda : sudo rm qt.qm wps.qm wpp.qm et.qm [Enter]

Contoh cara menghapus bahasa cina dengan menggunakan terminal

-  Baiklah, ketika anda sudah melihat cara sederhana install di atas, maka anda dapat melihat letak wps office tersebut di dalam menu Applications ---> Office. Nah jika ketemu, maka cobalah jalankan salah satu file officenya.

- Alhamdulillah semua langkah sudah terpenuhi, jika anda ingin mendownload Office tersebut, dapat melihat link yang telah saya berikan di bawah ini.


Download Kingsoft :
---------------------------

Download DEB package for Ubuntu and other Debian based distribution
[SHA1SUM: f20411b3c3953f4a254fa2789a0e93093045d862 
MD5: b57dbacb35e7034606614c4c1ecadb0f]
Kompatibel dengan mode struktur 32Bit

Download RPM package for Fedora/openSUSE and other RPM based distribution.

[SHA1SUM: 605cbca3724e0b88441477c8a53f2b1451bbe169 
MD5: 3a69eb65980bc90e3131015d044905c7]

Kompatibel dengan mode struktur 32Bit

Download TAR package Version for any other Linux distribution.
[SHA1SUM: 0993024d409759bfb05da42c5603228d1dd8c21b
MD5: a0fe6fce6f66b6555828152418008cee]

WPS Office for Linux Website (Chinese)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url