Share koneksi modem dengan mengakali wifi di kali linux - GPComp Gadget Mania

Share koneksi modem dengan mengakali wifi di kali linux

Lama tidak posting, kini saya ingin berikan artikel hangat lagi, walau pada kenyataan cara ini banyak beredar di internet, tapi saya coba menjelaskan dengan detil cara berbagi koneksi internet di linux, terutama pada kali linux yang menggunakan basis debian ini, yang lagi populernya di tahun 2013 ini, iseng - iseng mengingat masa experimen di tahun 2006, saya mencoba sharing koneksi menggunakan metode adhoc dan 1 buah router yang sudah di konfigurasikan dengan internet telkom speedy, mulanya saya tidak yakin akan ide ini ada, tapi satu hal di dalam hati, apa yang tidak bisa di dunia ini, jika mau mencoba pasti temukan caranya, banyak artikel di blog dan situs - situs yang beredar di dunia maya terutama di search engine yang sering kamu gunakan untuk telusuri, kali ini saya coba berexperimen dengan kali linux yang menggunakan basis debian ini, ya ide ini hal yang aneh buat saya, karena baru pertama kali buat saya untuk mencoba modem di share melalui linux,
apalagi kali linux yang menggunakan basis debian 7 atau wheezy ini, tentu masih dikatakan langka yang posting, baiklah sobat semuanya, perhatikan cara saya dibawah ini, semoga anda mudah memahaminya, jika tidak mudah memahami tutorial share koneksi modem dengan mengakali wifi di kali linux ini, maka sobat dapat mengomentarinya :

Tutorialnya adalah :
-------------------
Step 1 : Anda di harapkan memiliki 1 buah modem yang kompatibel dengan linux debian, atau di linux ubuntu jika bisa maka anda juga bisa menggunakannya untuk linux debian yang di gunakan oleh kali linux ini.

Contoh modem GSM yang saya gunakan dan menggunakan kartu
selular 3 Tri Indonesia

Step 2 : Jika anda sudah memiliki syarat yang saya katakan di atas pada step 1, maka selanjutnya, anda membuat sebuah koneksi GSM anda di network manager applet :

Klik Edit Connection Untuk melanjutkan settingan


Lalu kliklah tombol add untuk melanjutkan pembuatan koneksi modem


Kemudian Pilih dan kliklah menu Mobile Broadband, gunanya untuk membuat
koneksi modem GSM anda.


Selanjutnya kliklah tombol create agar bisa melanjutkan


Disini anda dapat melihat perangkat keras modem anda
Karena saya menggunakan modem GSM venus yang juga support CDMA
Dan bermesinkan Qualcom maka inilah yang saya pilih untuk melanjutkan
Kemudian klik Continue.

Kemudian pilih lokasi negara yang lagi kamu tinggali, berhubung saya tinggal di
indonesia, maka saya pilih indonesia dan kemudian kliklah tombol Continue untuk melanjutkan.

Karena saya menggunakan kartu GSM 3 tri, maka saya pilih 3, lalu kliklah Continue
untuk melanjutkan.

Selanjutnya pilih Monthly Internet Service dan kemudian kliklah tombol
Continue

Nah inilah tampilan detilnya, jika settingan yang telah di lakukan
dengan benar, dan klik apply untuk menerapkan settingan modem.


Jika anda sudah sukses mensettingnya dengan benar, maka akan keluar settingannya
seperti gambar ini, 3 Monthly Internet Service, dan koneksi modem siap untuk di pakai.



Lalu klik kiri pada icon applet network manager yang terlihat tanda silang X merah
yang terletak di sudut kanan taskbar panel linux anda, kemudian ketika keluar menu
Maka klik kiri pada 3 Monthly Internet Service, lihat contoh gambar yang telah saya buat.


Tadaaaa.. kamu sudah berhasil membuat koneksi modem menggunakan
kartu GSM 3 tri.

Keterangan : Sukses sudah kita membuat settingan koneksi usb modem GSM menggunakan salah satu provider yaitu jaringan GSM 3 Tri indonesia. Baiklah kita melanjutkan tutorial dibawah ini tentang mensharing koneksi modem ke semua orang dengan memanfaatkan wifi dan mode adhoc :


Step 3 : Membangun share koneksi modem dengan mengakali wifi di kali linux, mari kita lihat caranya dibawah ini :

Kembali anda ke Network Manager Connection, untuk melakukan tahap berikutnya
kali ini kita akan membahas dan membangung jaringan wifi adhoc. Klik
tombol Add untuk melanjutkan.

Dan pada menu ini pilihlah Wi-Fi lalu kliklah tombol Create untuk melanjutkan.


Kemudian ikutilah seperti gambar ini, Ganti Connection name seperti yang kamu mau
lalu SSDI juga samakan dengan Connection Name yang kamu buat, Bagian model klik kiri sekali
lalu pilih adhoc, dan bagian Band kliklah lalu pilih Automatic, dan bagian channel pilih default,
Bagian Device MAC Address klik 1x lalu pilih Wlan0 yg tertera di dalam menunya.
ingat jangan di save dulu, lanjut klik IPv4 pada tab menu di atas.


Nah ketika anda sudah mengkilk menu tab ipv4 maka akan keluar tampilan seperti ini
dan liha pada bagian Methode, klik kiri sekali itu, lalu pilih menu Shared to other computer..
Kemudian kliklah Tombol Save untuk menyelesaikan semua tugas kita.



Selanjutnya kembali arahkan kursor mouse anda ke arah network manager applet
yang terletak di sudut kanan, klik kanan pada icon signalnya dan ikuti gambar ini,
klik kiri sekali pada menu Enable Networking, guna mematikan sementara koneksi agar membentuk adhoc.

Lalu klik lagi Enable Networking untuk mengaktifkan semua jaringan yang telah dibuat
agar Wifi adhoc dan modem anda auto tersinkronisasi.



Okay sampai disini kita telah berhasil, klik connect pada 3 Montlhy Internet service,
dan kemudia klik connect juga pada SSID yang kamu buat, contoh saya buat namanya Cyberly,
ketika keduanya sudah terlihat status Disconnect, berarti anda berhasil membuat koneksi adhoc tersinkronisasikan
dengan modem usb.



Perhatian : Semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan apapun yang anda belum ketahui, dengan banyak membaca dan mempraktikannya sendiri, maka anda dapat ilmu lebih lagi dari yang anda lihat ini, saya hanya membagi dengan hati yang ikhlas, tanpa ada tempat khusus, melainkan hanya terdapat di webblog saya yang sederhana ini.

#Cyberly
Next Post Previous Post
5 Comments
  • Obat Amandel Alami
    Obat Amandel Alami 23 November 2013 pukul 16.45

    ternyata mudah juga ya

  • obat herbal penyakit
    obat herbal penyakit 23 November 2013 pukul 16.47

    ijin boormark ilmu nya

  • Ghaly Bayhaqi
    Ghaly Bayhaqi 26 November 2013 pukul 18.19

    Ya semoga saja bermanfaat dan berharap bisa di terapkan sendiri bro,, :d cheer (b)

  • Unknown
    Unknown 29 Desember 2013 pukul 01.50

    wuihhh...
    Keren Om.. :))

  • Unknown
    Unknown 5 Mei 2014 pukul 02.15

    yup yup :D
    tapi masih blm faham betul

Add Comment
comment url