Mengenal dasar tentang Terminal Linux/GNU - GPComp Gadget Mania

Mengenal dasar tentang Terminal Linux/GNU

Terminal Linux : Merupakan sebuah tool mini, guna membantu untuk berkomunikasi atau berinteraksi antara manusia dan sistem operasi linux, atau biasa terminal juga disebut sebagai command line, banyak yang bisa anda lakukan disini, seperti membuat sebuah folder, mengedit, menghapus, melihat isi direktori dan berbagai hal lainnya. Pada dasarnya, jaman dahulu kala, disaat komputer belum dikenal begitu merakyat seperti sekarang ini di jaman milenium, para pencipta komputer masih menggunakan terminal linux, itu jika yang menggunakan sistem operasi linux, jika sistem operasi lain,
beda namanya, tapi maksud dan tujuan mereka juga sama, lalu tahukah anda, terminal linux ini tidak hanya untuk digunakan sekedar membuat folder, file, edit, hapus dan memindahkan, melainkan ada fungsi lainnya yang bagi orang-orang pemula belum memahami tentang ingini tau banyaknya kecanggihan yang ada di terminal linux ini. Nah saya akan memberikan sample, cara melihat isi direktori komputer saya lewat terminal linux.
Gambar ini menunjukkan hasil screenshot terminal yang lagi menggunakan perintah  ls .
Perintah dasar ini yang saya jalankan dengan menggunakan perintah ls, maka segala sistem dapat terlihat jelas di dalamnya dengan perintah ls, lihat pada gambar di atas, anda telah mengetahui dasarnya, dan sangat detil, mulai data, file, folder dan segala jenis extension file dapat anda lihat. Baiklah, itu perintah dasar pengenalan saja saya buat, jika anda ingin mempelajarinya, saya dan Team IBTeam Regional Aceh, ada satu ebook yang mempelajari tentang dasar command line lewat terminal linux ini. JIka anda berminat, saya sudah sertakan link dibawah ini.

Ebook IBTeam Regional Aceh | Linux Basic



Next Post Previous Post
3 Comments
  • Unknown
    Unknown 9 Juni 2013 pukul 07.04

    thanks comment back ok
    http://arief-sharingancrew.blogspot.com/

  • Sigli Cyber
    Sigli Cyber 23 Juni 2013 pukul 00.38

    kunjungan silaturrahmi..
    dan sleum aneuk nanggroe

  • Admin Ghaly Site Online
    Admin Ghaly Site Online 23 Juni 2013 pukul 19.07

    Yuhuh,,,, sama".. :D ...

    saleum aneuk nanggroe kembali.. :)

Add Comment
comment url